Yuk Kenalan Dengan Aplikasi Ruangguru, Teman Belajar Terbaik



Pernah mendengar tentang Ruangguru?

Ruangguru adalah sebuah perusahaan tekhnologi dalam bidang pendidikan. Jika selama ini kita mengenal bimbingan belajar untuk menghadapi ujian nasional dan masuk perguruan tinggi secara konvensional seperti masuk kelas. Hari ini, ruangguru menciptakan bimbel secara online.

Tidak perlu bertatap muka dan membuang tenaga dan bensin, hanya dengan mengunduh aplikasi dan berlangganan maka semua pelajaran dari berbagai kurikulum bisa didapatkan.

Sebelah kiri berkacamaya adalah Iman Usman. Sebelah kanan adalah Adamas Belva Syah Devara.

Pendiri dari Ruangguru adalah putra bangsa yang menyelesaikan pendidikan dengan beasiswa penuh dari dua universitas sekaligus, Harvard dan Stanford University. Sebelumnya, pemuda yang bernama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini menamatkan gelar sarjananya di NTU (Nanyang Technological University), lagi-lagi dengan dua program, ilmu komputer dan bisnis. Bersama sang sahabat, Iman Usman yang merupakan alumnus Universitas Indonesia dan Colombia University mendirikan perusahaan startup  pertama bidang pendidikan dengan pengguna terbanyak.

Ringkasnya, Ruangguru adalah sebuah aplikasi belajar yang sudah membantu jutaan pelajar di berbagai daerah di Indonesia melalui bimbel online.

Kecintaan keduanya terhadap dunia pendidikan dan keinginan untuk menyamaratakan pendidikan di Indonesia menjadi alasan Ruangguru berdiri. Ketika ditanya kenapa Belva tidak memilih menjadi pengajar dengan kecerdasan yang dimilikinya, lelaki kelahiran 1990 ini mengatakan bahwa passionnya adalah wiraswasta. Toh, soal membagikan ilmu bisa dimana saja, saat mencurahkan segala ide bisnis. Begitupun ketika diundang ke berbagai forum baik dalam negeri, Asean hingga dunia sebagai pembicara. 


Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu ruangguru. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sih bentukan ruangguru dan hal apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkannya.

Mengunduh Aplikasi Ruangguru

Hal pertama yang dilakukan adalah masuk ke playstore jika kamu pengguna android dan AppStore jika kamu pengguna iOS. Ketik ruangguru seperti gambar di bawah dan unduh.


Kalau rating aplikasi game tinggi sudah  biasa, setiap orang menyukai game bukan? Bagaimana kalau ruangguru sebagai aplikasi pendidikan memiliki rating tinggi, tentu merupakan suatu hal luar biasa.
Jika masih ragu, kamu bisa baca ulasan terlebih dahulu. 

 

Selesai mengunduh, kamu akan bertemu halaman ini. Kamu bisa pilih kelas berapa. Ohya, tentu ruangguru ini tidak hanya digunakan oleh anak-anak di akhir jenjang yang ingin ujian akhir dan masuk universitas. Tapi dari kelas awal kamu sudah bisa belajar. Selain karena bisa banget membantu kamu mengerjakan tugas yang nggak kamu fahami. Nah, disini kamu pilih kelas berapa. Setelah itu daftar dengan nama, email, no ponsel, jenjang, kelas dan kota tempat tinggal mu. 


Setelah memilih kelas, misalkan kelas 10 IPS maka akan terlihat pelajaran apa saja.


Untuk pertama kali sebelum berlangganan kamu akan mendapatkan sampel gratis untuk menjawab pertanyaan. Tapi untuk melihat pembahasannya, kamu tetap harus berlangganan terlebih dahulu.

Fitur apa saja yang terdapat dalam aplikasi mobile Ruangguru?

Seperti yang kita ketahui tadi, selain sebuah aplikasi belajar, Ruangguru merupakan platform yang menghubungkan pelajar dengan pengajar yang tepat.

Sebelum membahas bagaimana cara berlangganan, yuk kita intip terlebih dahulu fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi ini.

Fitur utama pada aplikasi ini tentu adalah ruangbelajar. Disini, tempat kamu belajar mandiri online yang terdiri dari ribuan video, rangkuman infografis serta ribuan latihan soal dan kuis. Tentu tidak membosankan belajar melalui video.




Ohya, selain itu, setelah kamu menjawab dengan beberapa menit, akan ada pembahasan jika ternyata menjawab salah.


Fitur kedua adalah digitalbootcamp. Ini adalah sebuah fitur yang membuat kamu dapat berhubungan dengan tutor dan pengguna lainnya melalui sebuah grup chat.


Fitur ketiga adalah ruangles. Jika kamu masih kurang faham dalam satu pelajaran dan tetap nyaman dengan tatap muka, Ruangguru juga menyediakan tutor les yang bisa dipanggil ke rumah.


Fitur keempat adalah ruanglesonline. Kamu masih kesulitan dalam mengerjakan pr, maka kamu bisa berlangganan ini. Hal ini memudahkan mu untuk langsung chat dengan tutor.



Fitur kelima adalah ruanguji. Kamu bisa mematangkan persiapan UN, UAS, SBMPTN, ujian mandiri (simak UI, STAN, UTUL UGM) dengan mengikuti uji tryout hrayis mengerjakan ribuan soal.


Fitur keenam adalah ruangbaca. Fitur ini sebenarnya di luar kelima fitur produk. Ruang baca berisi segala informasi dan survey di luar kelima produk.



Bagaimana cara Berlangganan?

Mengunduh sudah dilakukan. Mengetahui berbagai program di ruang guru sudah. Lalu bagaimana caranya berlangganan? Jika kamu masih terbatas dengan biaya, berlangganan lah yang kamu anggap lebih penting. Misal ruangbelajar. Maka, pilih program serta kelas berapa kamu.




Kabar baiknya kalau kamu belum memiliki akun bank, bisa membayar lewat minimarket terdekat di rumahmu. Setelah membayar, maka paket akan segera aktif.
Dan kamu tinggal menikmati belajarmu.


Yuk mulai

Nah, sekarang sudah tahu kan Ruangguru seperti apa. Buat kamu yang baca, jika kamu anak sekolah, unduh gih, bermanfaat banget buat teman belajar kamu.

Kalau yang baca para Ibu, tante, kakak hayo rekomendasikan aplikasi ini.

Mudah-mudahan anak-anak Indonesia ke depannya secerdas kedua pendiri Ruangguru.

Next, saya akan membahas satu fitur yang paling penting dan banyak digunakan, yaitu fitur ruangbelajar. Stay tune terus di blog ini..

***
Sumber pict : Instagram Ruangguru, play store dan blog Ruangguru.



Posting Komentar

0 Komentar