Hai Wanita, Air Putih Penting Untukmu!


Kapan saat kita begitu membutuhkan air putih?


Jawaban ideal kita akan menjawab,
Sebelum makan dan setelah bangun tidur.

Tapi realita yang terjadi adalah kita begitu mendambakan air putih ketika merasa kepedasan sehabis meyantap makanan pedas. Dua gelas pun bisa habis saat itu juga. Kalau tidak dalam kondisi itu, bagi orang yang malas minum air putih, mungkin hanya minum sehabis makan. Padahal dalam sehari, tubuh butuh minimal 8-10 gelas air putih.

Mengapa Air Putih Penting?



Air menjadi komponen penting bagi tubuh, sekitar 60-70% dari berat tubuh. Air putih yang bebas gula dan kafein tentu lebih baik dibandingkan minuman lainnya, apalagi minuman kemasan yang mentasbihkan diri sebagai minuman berenergi. Minum air putih sudah langkah yang tepat sekali untuk menjalani hidup sehat.

Manfaatnya bagi tubuh seperti dikutip dari laman alodokter.com adalah untuk mecegah dehidrasi, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh serta mendukung otot dan sendi dan berbagai manfaat lainnya.

Nah, di postingan ini, saya ingin membahas mengapa air putih sangat penting bagi kaum wanita. Sudah kodratnya, setiap wanita ingin terlihat cantik. Tubuh tinggi semampai, wajah dan kulit mulus tanpa jerawat, berat badan ideal tanpa lemak mengganggu.

Mencapai hal tersebut, para wanita umumnya rela melakukan apapun. Menjalani program diet demi berat badan ideal dengan mengkosnsumi berbagai obat diet. Memakai produk penghalus kulit dengan harga berapapun, padahal ada satu cara yang ekonomis bin tidak sulit untuk mendapatkan apa yang menjadi keinginan wanita tersebut. Ya, seperti judul diatas, Hai Wanita, air putih penting untukmu.

Menjaga Kesegaran Kulit


Siapapun kita pasti ingin memiliki kulit yang terawat halus, apalagi bagi seorang wanita. Sehingga beramai-ramai memberi losion atau skincare dari berbagai macam produk. Tapi sayang, terkadang kita melupakan hal terpenting untuk tubuh.

Nah, salah satu cara untuk memiliki kulit impian ternyata mudah yaitu banyak mengkonsumsi air putih. Air putih dapat mengeluarkan racun sehingga membuat kulit lebih fresh dan glowling. Jika kamu merasa kulitmu kering, coba chek kebiasaanmu, jangan-jangan kamu malas minum, suka menahan haus dan bahkan suka lupa minum.

Emang ada orang yang lupa minum? ada dong! Biasanya dia menunda minum setelah makan eh lama-lama malah lupa. Mulai sekarang, jangan malas minum air putih ya, karena dapat melembabkan kulit dan memberi nutrisi baik bagi sel-sel kulit sehingga kulit akan terasa lembab dan halus.

Membantu Menjaga Berat Badan


Orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan seringkali berpikir keras bagaimana menurunkan berat badan. Segala macam cara diet dilakukan begitupun mengkonsumsi obat diet. Padahal ada cara mudah yaitu rajin mengkonsumi air putih.

Kalau kita perhatikan, orang-orang gemuk biasanya malas minum air putih, doyannya minum yang manis-manis dan dingin. Coba ingat orang terdekatmu, benarkah apa yang saya katakan? mungkin karena orang gemuk sering merasa kepanasan sehingga suka sekali es. 

Lalu mengapa air putih bisa dijadikan cara diet alami? karena dengan mengkonsumsi air putih dapat menghempaskan lemak berlebih dan mampu mengendalikan kalori yang masuk ke tubuh. Mengkonsumsinya tentu dapat mencegah kenaikan berat badan dibanding mengkonsumsi minuman diet lainnya yang nyatanya penuh dengan kalori. Yang perlu kita ingat, kalori bukan hanya bersumber dari makanan saja, kalori yang berasal dari gula juga terdapat pada minuman yang memiliki rasa manis.


Selain itu dengan sering mengkonsumi air putih, kita akan selalu merasa kenyang sehingga tidak lagi mengalami 'dikit-dikit lapar'. Terutama ketika minum segelas air putih sebelum makan. Kalau saya sendiri memiliki kebiasaan kalau masih lapar padahal udah porsi biasa makan, banyak-banyak minum air putih, alhasil jadi kenyang sehingga kita juga bisa mengikuti sunnah Rasulullah untuk berhenti makan sebelum kenyang. 

Jadi, sering mengkonsumsi air putih ya guys, selain membantu kita mengontrol berat badan juga mampu mencegah kenaikan. Dikutip dari laman hellosehat.com bahwa suatu hasil penelitian menunjukkan kebiasaan meminum air dalam jangka panjang mencegah kenaikan berat badan sedikitnya 1,45kg dalam jangka waktu 4 tahun.

Melancarkan Pencernaan


Teman-teman ada yang BAB nya tidak lancar? Kalau iya berarti pencernaan kalian tidak lancar dan salah satu penyebabnya adalah kurang minum. Mengkonsumsi air putih langsung setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, khususnya usus besar. Meminum air putih dalam keadaan perut kosong dapat membantu memurnikan usus kembali sehingga memudahkannya untuk menyerap nutrisi yang akan masuk, dengan begitu tubuh akan mendapatkan gizi yang baik.

Nah untuk pertanyaan di awal? Ya, Bagi yang BAB nya  tidak lancar, cobalah lakukan kebiasaan minum segelas air putih begitu bangun tidur, ingat! meminum langsung sebelum kumur dan sikat gigi. Mudah-mudahan setelah itu langsung ingin menuntaskan hajat. Ya, lagi-lagi ini pengalaman pribadi saya, hehe.

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih

Sekarang, sudah tahu kan kenapa air putih yang kalau negeri jiran menyebutnya air mati menjadi begitu penting bagi wanita. Sekarang gimana sih tips biar kita terpenuhi kebutuhannya.

  • Minum air putih setiap kali bangun tidur agar metabolisme tubuh kembali lancar setelah semalaman bekerja meregenerasi sel-sel yang rusak. 
  • Biasakan letakkan air dimanapun kalian berada. Kalau di rumah, letakkan segelas tempat kita duduk. Bawalah botol minuman di setiap kegiatan kita di luar rumah.
  • Jika takut bosan dan sesekali ingin minum yang ada manis-manisnya, maka buatlah infused water atau air rendaman. Kamu boleh memasukkan buah apapun, diamkan selama lebih kurang enam sampai dua belas jam, dan minum. Dijamin, lidah dan tubuhmu akan segar kembali.
  • Ohya, air putih dan madu juga kombinasi yang tepat, selain agar ada rasa, madu juga terbukti sehat, dengan meminumnya kita sudah menjalani sunnah Nabi Saw.

So, setelah tahu manfaat air putih ini, masih malas minum air putih?




***


sumber bacaan, kutipan dan foto
- hellosehat.com
- alodokter.com
- idntimes.com
- aetra.co.id
- dekoruma.com
- fimela.com
- instagram


Posting Komentar

29 Komentar

  1. apalagi kalo hari lagi panas-panasnya kek sekarang ini, wuihhh, air putih bak air surga, melepas dahaga beud :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak
      Kayanya bayangin es pas panas panas enak padahal kalau kita minum aja air putih, udah lah lega, sehat pulak yakan, cok turutkan nafsu minum es dawet, tebu dll udahlah hahaha

      Hapus
  2. Syangat setujuu. Bahkan saya type yg kalau lg emosi beraattuu harus minum air mineral yg buanyaaak biar kekontrol,hihi^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meluruhkan setan setan yang ada yekan 😁

      Hapus
  3. Yes.
    Jangan tunggu sampai haus baru minum. Karena ketika "hhaus" berarti tubuh sudah dehidrasi sehingga mengirimkan sinyal-sinyal rasa haus..
    Aiiih bahasanya. Eeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang gitu yekan malas kali ambil air minum padahal tinggal ambil gelas pencet dispenser 🀧

      Hapus
  4. Konsumsi air putih yang tepat dan benar memberikan dampak positif buat tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuppp
      Karena ada saatnya pas lagi sakit abis koma gitu belum boleh konsumsi air putih yg banyak karena sudah dari infus dll

      Hapus
  5. Orang masih bisa bertahan tanpa makan tapi gak tanpa minum. air putih emang sangat..sangat..bermanfaat buat kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak,
      Pernah baca atau nonton video yak πŸ€”
      Kak diah yang sedang di Riau mesti banyak banyak minum yaaa

      Hapus
  6. Masyaallah diingatkan Una lagi untuk minum air putih yg cukup. Apalagi tadi siang cuaca Medan puanasnya puooollll.... Ehh tetiba mendung gak jelas plus hujan lagi. Meski hujan adalah rahmat, yaa kita perlulah menjaga stamina tubuh, eranya global warming, cuaca jadi tak menentu. Salah satunya spt yang ditulis Una ini, banyak minum air putih bening yaa... Bukan apa², softdrink putih pun ada, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air mati kak namanya hahaha bukan air yang ada gas gasnya πŸ˜‚

      Hapus
  7. semua hal diatas sudah sangat bener, at least 2 liter air kita minum perhari. kendala saat ini lebih enak minum air berwarna aka mijon dari pada minum air putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu bang, karena iklan bilang minuman isotonik lah, minuman kesehatan lah
      Padahal yang paling baik dari yg baik ya air putih,
      Buat cowok juga nih, kaya almarhum agung Hercules tuh sering minum begituan extrajo** dll akhirnya kanker
      Aku dulu candu Coca-Cola, sampe pernah ter mindset kalau aku sakit demam atau pusing pusing gitu obatnya ya minum cola πŸ™ˆ Alhamdulillah bisa lepas

      Hapus
  8. Bener una rajin minum air putih itu penting sekali buat wanita, klo saya sakit selalu sedia infused water air+ madu+ jeruk nipis di samping tempat tidur agar tubuh kembali terhidrasi dengan baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak id,
      Air madu lemon atau air madu aja Alhamdulilah enak di badan yekan

      Hapus
  9. Awak bukan malas minum air putih, tapi sering lupa

    Pernah bikin alarm buat reminder, tp tetep we lupa...

    #tepokjidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia ternyata ada yang mengaku langsung,
      Kok bisa lupa kak eee πŸ˜‚

      Hapus
  10. Bener banget...pokoknya kemana2 harus bawa air putih deh ...soalnya penting ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghemat juga ya kan kak daripada tengah jalan cari aqu* 😁

      Hapus
  11. baca artikel ini jadi keinget dulu ada temen sangkin awarenya sama minum air putih ini, dia sampe bikin alarm/10 menit buat ngingetin dia minum. ternyata emang beneran penting kali yakak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. P.E.N.T.I.N.G
      Tapi aku gak sampe yang bikin alarm itu sih
      Keren juga itu kawan kak lance yaa terNiat πŸ˜„

      Hapus
  12. Bahkan males minum karena males ke toilet. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak nih alasan giniπŸ™„
      Males minum nanti mau pipis Mulu
      Dan nahan pipis akhirnya jadi penyakit juga
      Kadang ya malas itu sumber segala penyakit keknya πŸ˜‚

      Hapus
  13. Ini sperti artikel yang udh pernah saya tulis juga mba di koran.. "Air putih obat segala obat".
    Setiap hari wajib konsumsi 2 liter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh mantap mbak masuk koran,
      Kadang emang kita ngerasain banget ya manfaatnya makanya sampe kita tuliskan 😁

      Hapus
  14. Aku dulu pernah jd manusia yg ga doyan minum air putih. Dan hasilnya sakit2an. Sejak hamil diwanti2 dokter harus minum banyak. Sejak itu jd terbiasa lagi. Emang penting bgt yaa kak una minum air putih itu..

    BalasHapus
  15. Poin buat diet ini bener banget dulu pas waktu badan gendut aku minum dibanyakin,dan dari situ bawaan nya mau BAK terus dan banyak,usut punya usut kataya didalam BAK ini penyakit juga keluar,

    BalasHapus