Bolu Toba Medan, Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Medan


Halo, Assalamu'alaikum. 

Ya ampun rasanya sudah bertahun-tahun nggak mengunjungi rumah tempat saya bercerita satu ini, dan wow ternyata terakhir nulis di bulan Juni 2020.

Tau tau kembali kesini sudah berstatus istri dan ibu, hihi. 

Yes, sini sini saya jelasin. Jadi Juni tahun lalu Alhamdulillah akhirnya bintu Anshari melepas masa lajang, dilamar oleh pria sholih. Eh setelah merasakan indahnya pengantin baru, lupa dah tuh dengan dunia blogger. Apalagi di masa pandemi kegiatan offline tidak berlangsung.

Sebulan kemudian alhamdulillah langsung diamanahi anak. Begitu hamil ngeliat laptop aja mual, haha. Malah keterusan sampai lahiran nggak pernah buka laptop. Dan sekarang usia baby di tanggal 10 Mei nanti, dua bulan. 

Lalu apa gerangan yang akhirnya menggerakkan saya kembali menulis disini? 

Karena pengen kasih tau salah satu kuliner khas Medan yang sangat saya cintai saat ini. Ciri-cirinya nih ya, lembut, topping nya melimpah, dimakan sampai merem melek saking enaknya, varian rasa yang banyak.

Ada yang tahu apa? Yuk ikutin terus yaa

Kenapa bolu toba? 

Jadi sejak hamil bisa dibilang saya pecinta makanan yang manis-manis, khususnya bolu. Berlanjut ketika menyusui, segala macam bolu yang lewat di timeline media sosial rasanya pengen dicobain semua. Nah, suatu hari masuklah bolu toba Medan ini ke beranda instagram. Langsung kepoin dan ternyata store nya nggak jauh-jauh amat dari rumah. Jadilah minta pak suami beliin. Setelahnya malah nagih. 

Nah baru-baru ini ada keluarga mengabarkan ingin ke rumah menjenguk bayi. Awalnya bingung mau nyediain apa, mana masih rempong dengan usia bayi segitu, dan tiba-tiba cling ingat bolu toba medan. Kali ini saya datang langsung ke store biar bisa pilih-pilih. 





Berikut alasan saya kenapa menjadikan bolu ini sebagai makanan favorit saat ini.

Bolunya Lembut

Saat pertama kali mau cobain bolu toba medan, nggak ekspektasi tinggi sih. Ya biasakan, laper mata lihat di sosmed? Maruk ngikutin orang ikut beli, ternyata baik tekstur maupun rasanya kalau kata anak sekarang 'B aja'.  Tapi begitu nyobain bolu toba Medan "oh wow lembut banget," ini tuh kayanya menggunakan bahan premium dan kabar baiknya harganya masih ramah di kantong. Istilahnya, rasa bintang lima, tetapi harga kaki lima. 

varian pancing hazelnut oreo



Nah dua foto diatas ini adalah varian pancing hazelnut oreo. Dengan taburan oreo kerenyes di atasnya berpadu dengan kelembutan bolu plus isian filling lumer di dalamnya, sangat sangat memanjakan lidah.

Nah for your information, manajemen atau pemilik bolu toba ini kreatif sekali memasukkan nama jalan di medan sebagai varian nama bolu. Pancing sendiri adalah kawasan salah satu universitas Islam Negeri terbesar di kota Medan. 

Toping Melimpah 

Nah, selain tekstur lembut tentu kita ingin toping bolu yang melimpah. Teman-teman bisa melihat varian di bawah ini. Kembali menggunakan nama jalan, varian satu ini bernama Tiramisu Kampung Keling. Salah satu daerah etnis India yang berada di kota Medan. Ketika dibuka dari kotak, harum tiramisu memanjakan penciuman layaknya kita masuk ke dalam sebuah kedai kopi. Taburan coklat kribo sebagai toppingnya membuat varian ini sungguh amat membahagiakan busui, haha. 

Varian Kampung Keling Tiramisu


Tapi ada tapi nya nih, begitu dimakan ternyata rasa kopinya nggak terlalu strong. Teman-teman yang bukan pecinta kopi berbentuk makanan seperti saya pasti menyukai bolu ini. 

Dan lihatlah kembali ke gambar diatas, tiger skin yang mengelilingi bolu tampak kokoh. Dan memang benar, ketika saya mengeluarkan bolu dari kotak untuk difoto cantik, tidak rusak sama sekali. 
Top banget sihhh kamu wahai bolu toba Medan.... 

 

Borong Nggak bikin Kantung Bolong

Eh maksud judul di atas apa ya? Udah jelas kalau kita borong pasti kantong menangis. Tapi ternyata tidak berlaku untuk bolu toba Medan lho.

Sebelumnya, saya mau info dulu nih. Selain dua varian yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa varian bolu toba Medan lainnya. 
  • Spikoe
  • Pancing hazelnut oreo
  • Japaris durian
  • Titi kuning cheese
  • Kampung Keling tiramisu
  • Cokelat padang bulan 
  • Bolu gulung tiga rasa

Ketika melihat di daftar menu ada varian bolu gulung tiga rasa, saya memutuskan untuk membeli varian tersebut. 


Dan saya harus kecewa karena sudah kehabisan. Bagaimana tidak, sekali beli tapi bisa cobain tiga rasa. Beruntung ada varian spikoe yang memiliki filling rasa coklat bercampur kayu manis dipadukan toping coklat dan keju dalam satu bolu. 


varian spikoe

Gimana? Nggak main main kan toping nya? sangat amat melimpah. 

Kekecewaan karena bolu tiga rasa sudah habis, terganti dengan spikoe ini. 

Membeli tiga varian, tiramisu, hazelnut oreo dan spikoe ternyata nggak bikin kantong bolong. Ketiga bolu tersebut tidak sampai 200 ribu tetapi bisa dimakan ramai-ramai. 

Ohya bolu Toba juga terbuat dari bahan halal ya. 

 

Bolu Toba Medan, Tempat yang Wajib Dikunjungi di Medan

Sekarang saya ceritain dikit ya gambaran store bolu toba. Selain bolu, tersedia juga beberapa makanan lain. Seperti kerupuk, permen dan lain-lain. 




Tidak ketinggalan barang-barang seperti tas, sepatu, sendal bercorak ulos. Serta gantungan kunci dan kaos bergambar kota Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Medan.





kaos dengan berbagai macam landmark kota Medan


Store nya dimana sih? 

Dari tadi bicarain bolu nya mulu, alamat toko nya dimana sih? keburu pembaca di blog bintu Anshari ini ngeces. Untuk toko utama bolu toba Medan bertempat di jalan wahid hasyim Medan Baru. Tersedia juga di Batik Trusmi Medan di jalan Diponegoro no 20B, Medan Polonia. Selain itu kita juga bisa mendapatkan bolu toba medan di mobil keliling. Untuk mengetahui rute mobil keliling pantengin ya akun instagramnya.

suasana toko Bolu Toba Medan

Gimana, gimana?

Jadi jika ingin pergi ke luar kota membawa buah tangan bisa langsung ke toko bolu toba medan. Ataupun jika ada saudara yang datang dan ingin kembali ke kotanya bisa berkunjung kesini untuk memborong oleh-oleh Medan.Kalau kata pepatah, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.
 
saudara saya yang minta diajak ke store sebelum kembali ke luar kota

Namun, bagi kalian yang di rumah aja, bolu toba Medan juga cocok lho untuk menemani hari dengan secangkir teh atau kopi. 


Bolu Toba, Horas Bolunya....




Posting Komentar

8 Komentar

  1. Cucok kali emang bolu Toba Medan ini dijadikan oleh-oleh.
    Btw temen ngopi sambil metime juga bikin happy loh na..
    Serasa di cafe mojok di sofa sendirian . Hihihi

    BalasHapus
  2. Makin banyak pilihan oleh oleh khas Medan ini. Kalau saya suka titikuning cheese, kejunya bwanyakk... Hehe

    BalasHapus
  3. Borong Bolu Toba Medan gak bikin kantung bolong ya Na... Bener banget tuh soalnya harganya murah meriah alias terjangkau kok. Kk suka yg spiku coklat

    BalasHapus
  4. duh akhirnya ngposting juga mamak satu ini wkwkwk. lembutnya bolu ini emang seenak itu ya kak, harganya juga terjangkau dgn kualitas begitu, halal lg hehe

    BalasHapus
  5. pas banget ya bolu toba ini disandinglan dengan kopi..udah kerasa lembut rotimya dari sini...jadi pingin beli bolu toba...

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran aku deh kak sama varian pancing hazelnut Oreo kemarin aku malah ambil rasa lain

    BalasHapus
  7. Busui emang harus banyak makan. Enaknya bolu Toba Medan bisa buat busui hepi, oksitosin meningkat dan akhirnya meningkatkan produksi ASI, haha... sehat2 ya una dan baby keenan ganteng..

    BalasHapus
  8. Dari segi tempatnnya ada udh menarik keliatannya, nanti lah klo kemedan lg beli oleh2 di bolu toba medan lah. 😁😁

    BalasHapus